Senin, 23 Oktober 2017

Jika ingin dimaafkan orang lain, maka kita harus ikhlas memaafkan kesalahan orang lain

Sudah cukup lama saya didiamkan oleh ibu, tiap saya chat via whatsapp, atau telpon ya jawabannya sekedarnya, seperlunya, tidak seperti biasanya dimana kita berdua selalu bercanda dengan penuh kasih sayang. Ibu adalah bagian terpenting dalam hidup saya, apa yang telah dia lakukan terhadap saya tidak akan mampu tergantikan oleh apapun.

Sebuah keputusan yang telah saya buat memang mengecewakan beliau, setiap permohonan maaf hanya dibalas sekedarnya, tapi tidak mengubah keadaan kembali cerah seperti sebelumnya.

Jika sudah begini apa yang dapat saya lakukan hanya berdoa, mendoakan beliau, dan semoga dibukakan pintu hati beliau untuk memaafkan saya.

Kemudian saya teringat kesalahan orang lain terhadap saya yang belum bisa saya maafkan dengan ikhlas, dan terbesit dipikiran bahwa mungkin syarat dimaafkan nya saya oleh ibu saya, adalah saya harus memaafkan kesalahan orang lain.

Saya sadar satu hal, Ketika saya sulit meminta pemberian maaf dari orang lain, ternyata disisi lain saya sulit memberi maaf atas kesalahan orang lain.

Tuhan memang maha adil, sebuah pelajaran hikmah berharga yang diberikan dari Tuhan untuk saya hari ini adalah "Jika ingin dimaafkan orang lain, maka saya harus ikhlas memaafkan kesalahan orang lain".

Rizal bagus kurniawan.
23 Okt 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar