Selasa, 08 November 2011

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan


Menangis ternyata bermanfaat. Tetapi kelamaan menangis juga bisa membuat mata merah dan bengkak. Menangis dan mengeluarkan air mata juga bisa menjadi obat ajaib yang berguna bagi kesehatan tubuh dan pikiran.

Ada beberapa alasan kenapa manusia menangis, diantaranya adalah karena kasih sayang dan kelembutan, karena rasa takut, karena cinta, karena penderitaan, terlalu sedih, karena merasa terhina, dan ada yang menangis untuk meluapkan rasa kegembiraan.
Berikut adalah 7 manfaat menangis untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan setelah menangis dan mengeluarkan air mata.

1. Membantu penglihatan
Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan mata menjadi kabur.

2. Membunuh bakteri
Tak perlu tetes air mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Didalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan “lisozom” yang dapat membunuh sekitar 90-95% bakteri yang tertiggal dari keyboard, pegangan tangga, bersin dan dari tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam waktu 5 menit.

3. Meningkatkan mood
Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24% protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

4. Mengeluarkan racun
Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi dengan air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.

5. Mengurangi stres
Bagaimana menangis bisa mengurangi stres ? Air mata ternyata mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh, yaitu “endorphin leucine enkaphalin” dan “prolactin”.

6. Membangun komunitas
Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang untuk membangun sebuah komunitas. Biasanya seseorang yang menangis setelah menceritakan masalahnya didepan teman-temannya atau seseorang yang bisa memberikan dukungan, dan hal ini meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi.

7. Melegakan perasaan
Setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Karena setelah menangis sistem limbik, otak dan jantung akan lancar, dan hal itu akan membuat perasaan menjadi lebih baik dan lega.


2 komentar:

  1. http://gg.gg/3qml3
    http://goo.gl/aXHf22
    http://goo.gl/piKfL4
    http://goo.gl/aUPwol
    bit.ly/1HPukDA
    http://goo.gl/CSldEU
    bit.ly/1KrNFdV
    http://goo.gl/QsMfr4
    http://goo.gl/1KEAd7
    http://goo.gl/eoJFyH
    http://goo.gl/gS1GOP
    http://goo.gl/5R6Rpr
    http://goo.gl/YQV504
    http://goo.gl/dnLBd0
    http://goo.gl/2Wscyh
    http://goo.gl/SXjCZR
    http://goo.gl/x9yloZ
    http://goo.gl/Snylz4

    http://goo.gl/97RTFh
    http://goo.gl/QRsrOQ
    http://goo.gl/IAujFZ
    http://goo.gl/kKgxOH
    http://goo.gl/MejQDL
    http://goo.gl/9YVrGE
    http://goo.gl/bJJDEV
    http://goo.gl/ME3kww
    http://goo.gl/Jg5yZ2
    http://goo.gl/Q7s5qK
    http://goo.gl/9FgTDT
    http://goo.gl/Apjw6v
    http://goo.gl/T1N66q


    http://goo.gl/rnfUtR
    http://goo.gl/yvhcTt
    http://goo.gl/LSRFHX
    http://goo.gl/SQkHaf
    http://goo.gl/OKSKaV
    http://goo.gl/AUBujW

    BalasHapus