Minggu, 06 Maret 2016

Menolong orang jangan terus di ingat!, di tolong orang harus terus di ingat!

Kadang saya teringat dengan pertolongan yang pernah saya beri kepada orang lain, ingatan itu semakin kuat ketika saya dikecewakan secara sengaja/tidak sengaja oleh orang yang pernah saya tolong. Kadang dalam hati terbesit rasa sesal karena pernah menolongnya. Namun lama kelamaan saya berfikir bahwa itu tidak baik buat diri saya sendiri. Mengingat kebaikan yang pernah saya lakukan semakin menunjukan bahwa saya tidak ikhlas dan berharap balas budi.

Menolong orang lain dibutuhkan keikhlasan, dengan tidak berharap imbalan apapun. Jika suatu saat dia yang pernah saya tolong melukai hati, maka saya harus tetap ikhlas, dan tidak mengingat kebaikan yang pernah saya lakukan. Karena menolong orang lain adalah kewajiban bukan untuk di ingat, ataupun meminta balasan.

Akan lebih baik bagi saya jika memfokuskan diri untuk lebih mengingat orang yang pernah menolong saya, dan memperkuat hati agar lebih siap dan ikhlas jika ada orang yang membutuhkan pertolongan, siapapun dia. Apakah dia pernah menolong saya ataupun pernah menanam duri di hati saya. Kodrat manusia adalah untuk melakukan tindakan yang mulia, bukan untuk mengingat perih yang pernah dirasakan dan menyimpan dendam.

Semoga Tuhan menjadikan saya lebih Ikhlas dari sebelumnya. Amien.

Rizal bagus kurniawan
@rizalbkur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar