Rabu, 18 Februari 2015

Third Chance “Kesempatan Ketiga”

“Setiap kejadian pasti ada hikmahnya”, sebuah kalimat yang sudah sangat familiar di telinga saya, apakah memang benar setiap kejadian ada hikmahnya?, Terkadang saya berfikir pada setiap kejadian sedih dan susah yang saya alami,  bahwa pasti ada hikmah dibalik semua ini. Tapi di saat saya senang saya tidak pernah berfikir hikmah apa yang saya dapat dari kesenangan ini. Apa mungkin karena saya sedang senang, jadi hikmah itu sudah tidak ada artinya lagi buat saya?.  “Setiap kejadian pasti ada hikmahnya” hanya akan menjadi sebuah klise dipikiran saya sebagai pengurang rasa kecewa atas kesedihan saya, walaupun sebenarnya saya sendiri tidak pernah tahu apa hikmah dibalik semua ini.

Saya adalah orang selalu belajar dari pengalaman, walaupun kadang-kadang saya jadi seekor keledai yang terjebak pada lubang yang sama untuk kedua kalinya. Banyak pengalaman hidup yang saya alami yang sedikit demi sedikit membuat saya mengerti tentang hikmah dari setiap kejadian. Saya menyesal atas kesalahan yang saya lakukan, dan mencoba belajar untuk tidak mengulanginya lagi. Penyesalan adalah kesadaran atas kesalahan yang dilakukan, dan menurut saya itulah yang dimaksud hikmah, dimana kita tahu letak kesalahan kita.

Entah sudah berapa penyesalan yang saya alami, beberapa diantaranya memang membuat saya sadar untuk tidak mengulanginya lagi, tapi tidak sedikit kesalahan yang saya ulangi lagi. Memang susah bagi saya untuk tidak mengulangi kesalahan, ketika kesenangan sesaat mengalahkan pengalaman.


Tuhan memang maha baik dan penyayang, Dia masih memberikan saya “kesempatan ketiga” untuk memperbaiki kesalahan, sementara saya sendiri kadang sulit untuk memaafkan seseorang pada kesalahannya yang pertama, apalagi memberikan orang lain kesempatan yang ketiga?. Menurut saya tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri. 

Rizal Bagus Kurniawan
@rizalbkur


Tidak ada komentar:

Posting Komentar