Minggu, 20 Mei 2012

Kekuatan Dari Sebuah Kemauan

Setiap hal yang dilakukan oleh manusia, tentu tidak akan terlepas dari adanya sebuah kemuan. Kemauanlah yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu hal, dan kemauan juga mampu membuat membuat hal yang tadinya tidak mungkin menjadi mungkin, karena dalam sebuah kemuan terdapat tekad dan keyakinan yang akan menumbuhkan semangat dan rasa optomis untuk mengubah hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. 

Kadang kita merasa tidak mampu atau merasa bahwa kita tidak memiliki kemampuan, namun yang menjadi dasar dari mampu atau tidaknya seseorang adalah dari kemauan. Sebuah kemauan yang kuat akan memberikan kekuatan yang luar biasa untuk melakukan hal yang tadinya tidak mampu untuk dilakukan. 

Sebuah contoh sederhana dari saya adalah ketika saya sangat sulit untuk melakukan ibadah sholat subuh, karena harus bangun di pagi buta, sementara saya selalu tidur larut malam dan dalam kondisi yang lelah sehabis berkerja. Akhirnya karena kemauan yang kuat dari saya untuk sholat subuh tepat waktu, maka saya selalu memantapkan kemauan saya tersebut ketika hendak tidur. Pada awalnya hal itu sangat sulit dilakukan, ketika alarm berbunyi, saya merasa berat sekali untuk membuka mata, namun kemauan yang sudah tertanam didalam hati memberikan kekuatan untuk melawan rasa kantuk. Dengan segera saya bangun, lalu mengambil air wudhu, dan saya pun bisa melaksanakan ibadah sholat subuh tepat waktu. Dan hal yang saya lakukan tadi menjadi mudah pada sholat subuh berikutnya dan menjadi kebiasaan bagi diri saya. Ini adalah contoh sederhana yang membuktikan bahwa kemuan yang kuat akan memberikan kekuatan untuk melakukan sesuatu yang sulit dilakukan, dan setelah dilakukan akan menjadi mudah untuk di ulang kembali sehingga akhirnya menjadi sebuah kebiasaan. 

Maka jadikanlah kemuan itu sebagai kemauan untuk mencintai, kemauan untuk memberi kasih sayang, kemauan untuk menolong sesama, kemauan untuk belajar, kemauan untuk maju, kemauan untuk meraih cita-cita, kemauan untuk melupakan hal yang menyakitkan, kemauan untuk meminta maaf dan memberi maaf, kemauan untuk memberikan manfaat sesama, kemauan untuk mendamaikan hati, kemauan untuk mensucikan niat, kemauan untuk membaikan perilaku, kemauan untuk berbahagia, kemauan untuk berserah diri kepada Tuhan, dan kemauan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kemauan yang baik akan memberikan kebaikan bagi diri kita dan sesama. 

Semarang
20 Mei 2012 
Rizal B Kurniawan

2 komentar:

  1. hmm, sangat super artikelnya gan, memotivasi orang2 yang belum punya kemauan kyk ane.he

    berkunjung balik ya

    BalasHapus
  2. Berbagi KIsah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus