Senin, 13 Februari 2012

Sabar & Ikhlas Dalam Kasih Sayang

Kasih sayang adalah sebuah perasaan yang indah yang tulus hadir dari dalam hati dan mengandung sebuah keinginan untuk memberi, mengasihi, menyayangi dan membahagiakan. Kasih sayang dapat diberikan kepada siapa saja yang kita kasihi seperti pasangan, orang tua, saudara, sahabat, dan lain-lain. Kasih sayang akan muncul ketika ada perasaan simpatik dan iba dari dalam hati kepada seseorang yang dikasihi, namun kemunculan kasih sayang sangat alamiah dan tidak bisa dibuat-buat atau direkayasa.

Kasih sayang yang suci adalah ketika kasih sayang tersebut dibalut oleh kesabaran dan keikhlasan. Kesabaran untuk memahami dan mengerti apa yang diinginkan orang yang kita kasihi, dengan tidak memaksakan kehendak adalah salah satu contoh kasih sayang yang dipenuhi kesabaran. Keikhlasan untuk memberi kasih sayang dan tidak berharap kembali (pamrih) bahkan tidak berharap untuk diapresiasi adalah salah satu bentuk kasih sayang yang dibalut oleh keikhlasan.

Setiap orang pasti memiliki pendapat dan keinginan masing-masing yang bisa saja berbeda, sama dengan keinginan kita dan keinginan orang yang kita kasihi. Jika tidak ada kesabaran dalam kasih sayang maka akan terjadi perbedaan pendapat yang mungkin akan menimbulkan perselisihan, dan mungkin saja kita akan memaksakan kehendak agar orang yang kita kasihi mengerti dan memahami kita, padahal dalam kasih sayang tidak ada pemaksaan dan tidak memaksa, maka dari itu tumbuhkanlah kesabaran untuk memahami dan kemudian berilah kasih sayang yang tulus agar orang yang kita kasihi mengerti sehingga tercipta sebuah kasih sayang yang manis dan indah dalam satu pemahaman yang sama.

Kemudian lengkapilah kasih sayang tersebut dengan keikhlasan, karena keikhlasan akan tetap memberi kekuatan kepada kasih sayang, ketika kasih sayang yang kita berikan tidak di hargai atau diapresiasi. Ikhlaskan hati kita dan tetap sucikan kasih sayang kita, kemudian pahami bahwa kasih sayang adalah memberi bukan menerima, dan pasti orang yang kita kasihi akan merasakan kualitas kasih sayang kita yang hebat, yang dipenuhi dengan keikhlasan dan yang tak pernah berharap untuk dihargai, dipuji, atau dibalas.

Kasih sayang adalah anugrah dari Tuhan, maka marilah kita berikan kasih sayang kita kepada siapapun yang membutuhkannya. Semoga bermanfaat.

Semarang, 14 Februari 2012
06.00 WIB
Rizal B Kurniawan

2 komentar:

  1. sangat inspiratif. sedang mencoba belajar bersyukur dengan bersabar dan ikhlas..

    salam kenal

    Revolusi Galau

    BalasHapus
  2. @Adang Muhammad : Terimakasih, semoga bermanfaat ya? :)

    BalasHapus