Selasa, 10 Januari 2012

Kekhlasan dalam menghormati dan menghargai


Manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan dan akan selalu berinteraksi satu sama lain. Namun manusia juga memiliki sifat egois masing-masing. Jika saat berinteraksi kita lebih mengedepankan ego, maka tentunya akan terjadi perselisihan yang akan mengakibatkan sebuah konflik yang mungkin saja akan menimbulkan kerugian.

inilah mengapa kita harus selalu mengutamakan rasa saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Sehingga nantinya akan tercipta sebuah kedamaian, kerukunan, dan keharmonisan dalam sebuah interaksi antar manusia.

Namun kadang kita begitu terpaksa dalam menghormati dan menghargai orang lain, dan kita justru merasa ingin di hormati dan dihargai, dan tak jarang pula kita merasa lebih dari yang lain. Inilah mengapa kita harus mengikhlaskan hati kita untuk menghormati dan menghargai orang lain karena dibalik itu semua ada sebuah tujuan yang mulia yaitu menciptakan sebuah kedamaian, kerukunan dan keharmonisan antar manusia.

Ikhlas yang kita rasakan akan menimbulkan sebuah ketenangan batin dimana tidak ada beban yang mengganggu pikiran kita, sehingga kita akan terbiasa untuk menghormati dan menghargai , dan orang lain pun akan merasa terhormat sehingga mereka akan melakukan hal yang sama kepada siapapun.

Ikhlas menghormati dan menghargai orang lain, adalah upaya untuk memuliakan sesama, dan keikhlasan kita bukan untuk mengharapkan imbalan atau diperlakukan sama, namun lebih kepada keinginan untuk mewujudkan sebuah kedamaian dan kerukunan antar umat manusia.

Semoga hati kita selalu dalam keikhlasan sepenuhnya, dan semoga kedamaian, kerukunan, serta keharmonisan selalu meliputi setiap manusia dipenjuru muka bumi.

Semarang, 9 Januari 2012
21.03 WIB
Rizal B Kurniawan

2 komentar:

  1. keren banget mas kita memang haru ikhlas tapi kenyataannya mengatakan ikhlas itu tidaklah mudah ^^ salam kenal yoo

    BalasHapus
  2. @Rendy Pratama : terimakasih, semoga kita semua mampu menjadi lebih ikhlas dari sebelumnya dalam menjalani hidup ini.. :) Semoga bermanfaat ya?

    BalasHapus