Minggu, 13 November 2011

Hadapi kehidupan yang keras dengan senyum & ramah-tamah


Hidup di daerah yang keras dan penuh persaingan memang berat, kadang dalam persaingan tersebut banyak orang menghalalkan segala cara untuk memenangkan persaingan tanpa memperdulikan orang lain. Saling jegal sudah jadi kegiatan yang biasa dalam kehidupan di daerah yang keras. Kita mungkin tidak ingin untuk menjalani kehidupan di lingkungan seperti ini, namun jika Jalan Tuhan mengharuskan kita melewati kehidupan yang keras ini, maka kita harus selalu menguatkan fondasi sabar & ikhlas di hati kita karena tanpa kesabaran & keikhlasan kita tidak akan mampu menjalani kehidupan yang keras dengan kebaikan, bahkan kita mungkin bisa terpengaruh dan merubah watak kita menjadi keras yang tidak baik bagi hati dan kehidupan kita.

Saat berada di lingkungan yang keras, kita mungkin akan sering mengalami hal yang tidak nyaman, seperti di hina, di bentak-bentak, di ganggu, bahkan kadang dengan kekerasan. Jika kita tidak sabar & ikhlas dalam menyikapinya maka mungkin kita akan terpengaruh kemudian merasakan dendam dan melakukan pembalasan yang sama. Hal ini mempengaruhi sifat kita sehingga berubah menjadi pribadi dengan watak yang keras. Maka dari itu, kuat kan sabar dan ikhlas di hati kita lalu wujudkanlah dengan bentuk senyuman dan keramah-tamahan. Tetaplah tersenyum dan bersikap ramah terhadap mereka yang menyakiti kita, biasakanlah untuk selalu tersenyum dan ramah kepada siapapun & ikhlaslah menolong kepada siapa yang membutuhkan bantuan walaupun itu adalah orang yang pernah memperlakukan kita secara tidak baik.

Jika kita terbiasa bersikap baik & ramah serta sering membantu & memberikan pertolongan maka orang-orang akan segan untuk melakukan hal buruk kepada kita, bahkan mungkin sikap kita tersebut dapat mempengaruhi mereka untuk menjadi lebih baik dan merubah lingkungan yang keras tadi menjadi lingkungan yang penuh kedamaian,keramahan, ketenangan, dan persahabatan.

Untuk kita yang masih tinggal di lingkungan hidup yang keras, marilah kita wujudkan kasih Sayang Tuhan dengan ikhlas & sabar dalam memberi kasih sayang kepada siapapun, dimanapun, dan dalam keadaan apapun. Semoga kita selalu dilindungi dari perbuatan yang tidak baik, dan semoga akan tercipta kedamaian, ketenangan, persahabatan, rasa tolong menolong, dan kehidupan yang selalu dipenuhi kasih sayang. Amien

Semarang, 14 November 2011
11.30 WIB
Rizal B Kurniawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar