Minggu, 18 September 2011

‘Minta Tolong !’ Reality Show Yang Mengajari Kita Tentang Nilai Keikhlasan Dalam Menolong

Dari begitu banyak acara televisi yang kurang bermutu semacam sinetron, atau berita yang menayangkan tentang kejahatan & kriminalitas, muncul sebuah program reality show yang diproduksi oleh ‘Dream Light Production’ bernama ‘MINTA TOLONG !’.

Berbeda dengan program reality show lainnya, ‘Minta Tolong !’ lebih mampu memberi pesan moral kepada kita semua & menggugah hati kita untuk menumbuhkan keikhlasan dalam menolong/membantu sesama yang membutuhkan.

Dalam program tersebut terlihat bagaimana masih banyak orang yang tidak mau menolong, bahkan kadang mereka marah karena merasa terganggu oleh orang yang meminta tolong. Mungkin kita juga akan sama dengan mereka yang menolak menolong, jika kita dimintai pertolongan yang bisa dikatakan berat oleh orang yang belum kenal dengan kita. Disini kita bisa menggali sendiri sedalam apakah keikhlasan kita dalam menolong, disaat kita tiba-tiba bertemu seseorang yang belum pernah kita kenal & meminta pertolongan yang berat kepada kita.

Sesungguhnya kata ‘berat’ tidak berlaku bagi kita yang memiliki keikhlasan, kita bisa melihat dari orang-orang diprogram ini yang mau menolong, mereka bukanlah dari kalangan yang berlimpah harta bahkan mungkin mereka lebih dibawah kita dari segi materi & kekayaan. Mereka kebanyakan adalah seorang pedagang kecil yang masih hidup susah dalam mengais rejeki untuk sesuap nasi. Tapi dalam keterbatasan & kesulitan itu, mereka masih tetap mampu ikhlas untuk menolong dengan segenap kemampuan mereka. Kita yang secara materi lebih dari mereka sangat sulit untuk ikhlas membantu dengan segenap hati.
Mungkin kita hanya akan ikhlas menolong/membantu kepada orang yang kita cintai saja, padahal sesungguhnya Tuhan menganugerahkan cinta, agar kita mencintai sesama, mencintai semua orang, dan bahkan yang belum kita kenal atau orang yang membenci kita. Dengan cinta yang tulus itulah kita akan mampu ikhlas dalam memberikan pertolongan.

Kita bisa membayangkan saat kita berada pada posisi mereka yang meminta tolong, dimana kita berada pada lokasi yang sama sekali tidak kita kenali orang-orangnya, kita meminta tolong kesana-kemari, namun tidak ada yang perduli pada kita. Lihat betapa susahnya kita jika berada pada posisi tersebut. Marilah kita bersyukur kepada Tuhan karena kita mungkin tidak pernah berada pada posisi sulit & susah seperti itu. Marilah kita wujudkan rasa syukur itu dengan ikhlas untuk membantu/menolong siapapun yang membutuhkan pertolongan.
Semoga kita mampu untuk ikhlas dalam menolong/membantu siapapun yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat & mohon koreksinya.. :)

Semarang, 18 September 2011
19.35 WIB
Rizal B Kurniawan

2 komentar:

  1. iya sih, diantara reality show yang lain. cuma ini yang paling bagus, kalo yang lain sih isinya cuma gitu2 mulu...

    BalasHapus
  2. @arif : iya mas arif, reality show lain kurang memberi pesan yang positif..

    BalasHapus